Geografi merupakan ilmu yang berperan penting dalam pengembangan keterampilan 4C. Namun, seringkali siswa mengalami kesulitan dalam menerapkan keterampilan 4C selama pembelajaran geografi. Misalnya, kurangnya partisipasi siswa yang menghambat pengembangan keterampilan komunikasi dan kolaborasi, serta tantangan dalam berpikir kritis untuk mengidentifikasi masalah geografi yang kompleks. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pemilihan subjek melalui teknik purposive sampling, menghasilkan sampel kelas X Fase E3. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen rubrik penilaian dari segi sikap, pengetahuan, dan keterampilan untuk mendapatkan data dan menilai aktivitas siswa dalam membuat Mind Map. Hasil penelitian ini menunjukkan penilaian Mind Mapping dengan penerapan model Project Based Learning menghasilkan nilai rata-rata keseluruhan sebesar 80,04 dengan kriteria baik dan berdampak terhadap pengembangan keterampilan 4C siswa. Siswa juga telah menerapkan aspek kreativitas (C6) dengan menciptakan karya seperti Mind Map, yang mencerminkan kemampuan mereka untuk berpikir kritis dan kreatif, yang merupakan inti dari Higher Order Thinking Skills (HOTs), serta menunjukkan kemampuan mereka untuk berkomunikasi dan berkolaborasi dalam pembelajaran, sehingga keterampilan 4C dapat dicapai.
Copyrights © 2024