Hingga saat Ini kondidsi akses pendidikan di Negara Indonesia masih belum merata ke tanah air, terutama di daerah 3T, masih terdapat disparitas yang sangat kompleks dalam pendidikan antar penduduk yang tinggal dirumah tangga dengan status ekonomi yang berbeda-beda. Salah satu upaya untuk mencapai pemenuhan kebutuhan dasar dan kebutuhan pelayanan dasar di daerah 3T tersebut dengan terus meningkatkan mutu pendidikan dengan menyediakan sarana dan prasarana pendidikan yang sesuai dengan standar nasional pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan mengenai proses implementasi manajemen sarana dan prasarana untuk daerah 3T dan juga bagaimana mengolah hal tersebut agar berkembang secara pesat. Penulisan artikel ini menggunakan metode library research. Hasil dari penelitian ini menyebutkan bahwa pentingnya memanage sarana dan prasarana secara efektif di daerah 3T dengan melihat alasan yang jelas bukan hanya sekedar keinginan, membuat perencanaan yang matang dengan melibatkan pemangku kepentingan di daerah 3T, dan perlunya kolaborasi antar instansi pemerintah dan non-pemerintah, guna mendukung penyediaan serta distribusi sarana dan prasarana yang dibutuhkan di daerah 3T. Dengan begitu seluruh instansi dan petinggi di Indonesia dapat membantu menyetarakan mutu pendidikan pada daerah 3T.
Copyrights © 2024