JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Analysis of Lexical Semantics in The Names of Streets and Villages in West Gunungsitoli Sub-district

Nibato Putra Eltin Zebua (Universitas Nias)
Riatta Yanti Lase (Universitas Nias)
Lynes Andika Harefa (Universitas Nias)
Afore Tahir Harefa (Universitas Nias)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis makna dan mengidentifikasi hubungan semantik nama jalan dan desa di Kecamatan Gunungsitoli Barat. Secara teoritis, artikel ini memberikan kontribusi untuk pemahaman yang lebih luas tentang nama-nama jalan dan desa di Kecamatan Gunungsitoli Barat baik dari segi linguistik. Penelitian ini difokuskan pada aspek-aspek tertentu dan nama-nama jalan dan desa di Kecamatan Gunungsitoli Barat. Dalam konteks ini, perlu dilakukan kajian semantik terhadap nama-nama tempat desa di Pulau Nias. Nama tempat dapat dikonstruksikan oleh satuan lingual yang dapat bersifat fungsional berupa kata atau frasa. Setiap satuan bahasa yang digunakan mempunyai makna sesuai dengan proses dan masyarakat pemberi nama tempat tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan sumber data diambil dari wawancara dan dokumen. Dokumen tersebut memuat nama 8 jalan dan 9 desa di Kecamatan Gunungsitoli Barat. Temuan menunjukkan bahwa nama jalan dan desa memberikan pengetahuan tentang hubungan makna semantik. Dari beberapa nama tempat yang telah dijelaskan, masing-masing nama tersebut mempunyai sejarah dan makna dalam proses pemberian nama daerah tersebut sehingga menjadi ciri khas bagi masyarakat yang belum mengetahuinya. Dapat disimpulkan bahwa penamaan daerah di Kecamatan Gunungsitoli Barat bermula dari keunikan dan ciri khas penamaan yang menggambarkan tempat, peristiwa dan budaya di daerah yang bersangkutan serta untuk menjaga dan melestarikan bahasa daerah Nias.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...