JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Struktur, Isi, Dan Diksi Dalam Teks Berita Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan

Armiza, Yezi (Unknown)
Gani, Erizal (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2024

Abstract

Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini ada tiga, yaitu (1) mendeskripsikan struktur teks berita siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan, (2) mendeskripsikan isi teks berita siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan, (3) mendeskripsikan diksi teks berita siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah struktur, isi, dan diksi teks berita siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalh peneliti sendiri. Penganalisisan data disesuaikan dengan teknik induktif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan tiga hal. Pertama, dalam menulis teks berita siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan telah menggunakan keempat struktur teks berita. Kedua, dilihat dari segi isi, teks berita siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan telah menulis isi sesuai dengan unsur teks berita yaitu unsur 5W+1H. Ketiga, dilihat dari penggunaan diksi, teks berita siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan lebih dominan ketepatan diksi dalam tulisan teks berita siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lengayang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...