JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Application of Project Based Learning in Children's Fashion Learning in Class XI Fashion 1 SMK Negeri 1 Jabon

Ivana Azizah Zharfan (Universitas Negeri Surabaya)
Lutfiyah Hidayati (Universitas Negeri Surabaya)
Ma’rifatun Nashikhah (Universitas Negeri Surabaya)
Ec. Mein Kharnolis (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan keterlaksanaan project based lerning pada pembelajaran busana anak di kelas XI Tata Busana 1 SMK Negeri 1 Jabon (2) Untuk mendeskripsikan tingkat kreativitas siswa pada pembelajaran busana anak di kelas XI Tata Busana 1 SMK Negeri 1 Jabon. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan menggunakan pre-eksperimental desain. Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah desain one-shot case study. Dimana pada peneliti memberikan model pembelajaran project based learning pada materi pembuatan busana anak untuk selanjutnya melihat pengaruh terhadap kreativitas siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi dan lembar penelitian hasil belajar. Instrumen yang digunakan adalah (1) Lembar observasi, ini berupa lembar keterlaksanaan model pembelajaran project based lerning. Lembar keterlaksanaan model pembelajaran project based lerning digunakan untuk memperoleh data keterlaksanaan project based lerning pada pembelajaran busana anak di kelas XI Tata Busana 1 SMK Negeri 1 Jabon (2) Lembar rubrik penilaiaan hasil belajar digunakan untuk mengukur kreativitas siswa setelah diterapkan model pembelajaran project based lerning pada pembelajaran busana anak di kelas XI Tata Busana 1 SMK Negeri 1 Jabon. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menujukan bahwa: (1) Keterlaksanaan penerapan model pembelajaran Project Based Learning Pada Pembelajaran Busana Anak Di Kelas XI Busana 1 SMK Negeri 1 Jabon menujukan kualitas sangat baik. (2) Tingkat kreativitas siswa pada pembuatan busana anak di kelas XI SMK Negeri 1 Jabon setelah menerapkan model pembelajaran Project Based Learning mencapai 75% (27) siswa dengan kategori sangat kreatif dan 25% (9) siswa dengan kategori kratif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...