Membaca Al-Qur’an adalah suatu kegiatan memahami atau melafalkan firman Allah Swt yang berikan petunjuk bagi umat muslim yang diturunkan kepada nabi Muhammad Saw untuk dijadikan sebagai pedoman dalam kehidupan di dunia maupun di akhirat. Konsentrasi Belajar adalah pemusatan perhatian dan pikiran terhadap objek yang dipelajari dengan mengabaikan hal-hal yang dapat mengganggu perhatian. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang penulis temui di lapangan yaitu siswa membaca Al-Qur’an dikarenakan adanya peraturan yang ditetapkan oleh sekolah, dalam membaca Al-Qur’an siswa diawasi oleh guru, saat jam pembelajaran berlangsung siswa keluar masuk kelas, dan saat proses pembelajaran siswa mengganggu teman yang sedang belajar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan membaca Al-Qur’an dalam rangka meningkatkan konsentrasi belajar siswa di SMK Plus Perbankan Bougenville Lubuk Basung. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif yaitu suatu pendekatan yang mengambarkan keadaan suatu fenomena yang terjadi dengan kata-kata atau kalimat. Informan kunci dalam penelitian ini yaitu kelas XI yang berjumlah 20 orang, sedangkan informan pendukung yaitu 9 orang guru yang terdiri dari 6 orang guru mata pelajaran, 2 orang guru bimbingan dan konseling dan 1 orang wakil kesiswaaan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di SMK Plus Perbankan Bougenville kegiatan membaca Al-Qur’an dilaksanakan dari jam 06.30 sampai dengan 07.30 yang wajib diikuti oleh seluruh siswa yang dibimbing oleh Guru setiap paginya. Siswa sudah lancar dalam membaca Al-Qur’an meskipun masih terdapat beberapa siswa yang kurang lancar dalam membaca Al-Qur’an. Selain itu konsentrasi belajar siswa sudah baik hal ini terlihat dari adanya perhatian siswa terhadap pembelajaran, siswa mampu merespon materi pelajaran, adanya gerakan anggota badan siswa yang sesuai dengan petunjuk guru, mampu menerapkan pembelajaran, dapat mengemukakan pendapat atau ide, dan berminat terhadap pembelajaran, meskipun terkadang ada beberapa hal yang dapat memecah konsentrasi belajar siswa.
Copyrights © 2024