JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pengaruh Model Pembelajaran Index Card Match dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMAN 8 Pandeglang

Larasati, Larasati (Unknown)
Kuntari, Septi (Unknown)
Widiansyah, Subhan (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran index card match terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah pretest-posttest. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis menggunakan uji t, ditemukan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional dan model pembelajaran index card match. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran index card match memiliki pengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...