Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran index card match terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah pretest-posttest. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis menggunakan uji t, ditemukan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional dan model pembelajaran index card match. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran index card match memiliki pengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2024