JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pengaruh Metode Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa Kelas VIII M.Ts.

Silvana, Nursela (Unknown)
Sukmana, Uza (Unknown)
Karim, Hafifi (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2024

Abstract

Metode Jigsaw adalah salah satu metode pembelajaran kooperatif yang dapat mempengaruhi hasil belajar atau prestasi belajar siswa. Hal tersebut, membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode jigsaw terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII M.Ts. Darul Hikmah 1 Cibening Tahun Pelajaran 2023/2024. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 25 orang. Sampel ini diambil dari populasi siswa kelas VIII yang berujumlah 116 siswa yang terdiri dari 4 kelas. Terdapat dua variabel dalam penelitian ini yaitu variabel metode jigsaw (X) dan variabel Prestasi belajar IPS siswa (Y). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan soal yang terkait dengan mata pelajaran IPS kelas VIII. Uji instrumen dilakukan dengan uji validitas dan reliabilitas, untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh digunakan uji regresi linier sederhana. Hasil uji regresi linier sederhana diketahui nilai R atau korelasi sebesar 0,724 dan nilai R Square sebesar 0,524. Artinya koreaslinya 72,4%, dan pengaruh metode jigsaw terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII sebesar 52,4%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode jigsaw berpengaruh secara nyata terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII M.Ts. Darul Hikmah 1 Cibening, dan 47,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...