JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV SDN 04 Palembang

Rahayu, Febry (Unknown)
Wahyuni, Defitri Anggun Ayu (Unknown)
Mulyani, Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila melalui penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) di kelas IV C SD Negeri 04 Palembang. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari dua pertemuan, dengan subjek penelitian 32 siswa. Metode pengumpulan data meliputi observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dari siklus I ke siklus II, baik dalam aktivitas guru, aktivitas siswa, maupun hasil belajar. Persentase ketuntasan belajar siswa meningkat dari 62,5% pada siklus I menjadi 93,75% pada siklus II, dengan rata-rata nilai naik dari 80 menjadi 90. Aktivitas guru meningkat dari kategori "Baik" (77%) menjadi "Sangat Baik" (87,5%), sementara aktivitas siswa meningkat dari "Baik" (76%) menjadi "Sangat Baik" (86%). Penerapan model TGT yang diintegrasikan dengan media pembelajaran interaktif dan permainan edukatif terbukti efektif dalam meningkatkan minat, pemahaman, dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila, melampaui indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu 80% siswa mencapai nilai di atas Asesmen Ketuntasan Minimum (AKM).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...