JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Analisis Penerapan Akad Mudharabah Dalam Meningkatkan Pendapatan Petani Karet Di Desa Pintas Tuo Kecamatan Muara Tabir Kabupaten Tebo

Kurniawan, Bambang (Unknown)
Firmansyah, Firmansyah (Unknown)
Soleha, Soleha (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2024

Abstract

Skripsi ini berjudul ”Analisis Penerapan Akad Mudharabah Dalam Meningkatkan Pendapatan Petani Karet Di Desa Pintas Tuo Kecamatan Muara Tabir Kabupaten Tebo” dan tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Akad Mudarabah dalam upaya meningkatkan pendapatan petani karet di Desa Pintas Tuo dan untuk mengetahui sistem bagi hasil Akad Mudharabah antara petani penggarap dengan pemilik lahan karet di Desa Pintas Tuo Kecamatan Muara Tabir Kabupaten Tebo untuk mengetahui pengetahuan petani di Desa Pintas Tuo tentang Akad Mudharabah dan untuk mengetahui sistem bagi hasil antara petani penggarap dengan pemilik lahan karet di Desa Pintas Tuo. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif . Metode pengumpulan datamelalui observasi, wawancara, dan dekumentasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa Perjanjian yang dilakukan oleh pemilik lahan dengan para pihak pengelola atau penggarap di Desa Pintas Tuo Kecamatan Muara Tabir Kabupaten Tebo merupakan kerjasama bagi hasil. Karena pemilik lahan telah menyerahkan tanahnya untuk dikerjakan kepada penggarap atau pengelola dengan persetujuan sebelum panen maka hasilnya dibagi antara pemilik karet dan penggarap. Pendapatan pada penggarap lahan di Desa Pintas Tuo akan meningkat, disebabkan harga karet yang stabil setiap minggunya, dan cuaca membaik.dan membuat penggarap semakin semngat berkerja, Jika harga karet stabil maka pendapatan penggarap meningkat, begitu pula sebaliknya. Jadi hubungan antara pemilik lahan dan penggarap merupakan hubungan positif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...