JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Landasan/Asas Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (Asas Teologi, Filosofi, Psikologi, Sosial Budaya, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi)

Putri, Mega Sobri (Unknown)
Hayub, Hayub (Unknown)
Sukatin, Sukatin (Unknown)
Yusuf, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2024

Abstract

Dunia pendidikan Islam terus mengalami perubahan signifikan dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, diperlukan kurikulum yang tepat untuk menentukan arah pengembangan yang diinginkan. Asas yang sesuai harus diterapkan dalam pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan kontribusi asas-asas fundamental dalam pembentukan kurikulum pendidikan agama Islam. Penelitian ini mengidentifikasi lima asas yang relevan untuk membangun kurikulum PAI berdasarkan studi kepustakaan, dengan data yang disajikan secara sistematis dan objektif melalui analisis deskriptif. Asas-asas tersebut mencakup asas teologi, asas filosofis, asas sosial-budaya, asas ilmu pengetahuan, dan asas teknologi. Masing-masing asas diterapkan dengan cara yang berbeda: teologi berlandaskan Al-Qur'an dan Hadits, asas filosofis mengintegrasikan berbagai teori filsafat, asas psikologi mengevaluasi kemampuan sesuai jenjang, serta asas ilmu pengetahuan dan teknologi berfokus pada pengembangan teknologi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa asas-asas tersebut berkontribusi secara teoritis dan praktis terhadap pembentukan kurikulum pendidikan agama Islam, dan dapat menjadi panduan bagi pemerintah dalam merumuskan keputusan kurikulum.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...