JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Tindak Tutur Direktif Dan Strategi Bertutur Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XI SMK Negeri 5 Padang

Maulidina Sundari Novrini, Fasya (Unknown)
Olva Zuve, Farel (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan bentuk tindak tutur direktif dan strategi bertutur yang digunakan guru dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas XI SMK Negeri 5 Padang. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan teknik simak bebas libat cakap (SBLC), catat dan rekam menggunakan proses sadap. Dalam penelitian ini, teknik pengabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat dijelaskan bahwa bentuk tindak tutur direktif dan strategi bertutur guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas XI SMK Negeri 5 Padang dapat disimpulkan sebagai berikut, Bentuk tindak tutur direktif yang digunakan dalam proses pembelajaran berjumlah 105 data tuturan. Hasil penelitian ini ditemukan bentuk tindak tutur direktifyang digunakan guru dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas XI SMK Negeri 5 Padang yaitu, bentuk tindak tutur direktif menyuruh, memohon, menuntut, menantang, dan menyarankan. Strategi yang digunakan guru dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas XI SMK Negeri 5 Padang yaitu Bertutur terus terang tanpa basa-basi, bertutur terus terang dengan kesantunan positif, dan bertutur terus terang dengan kesantunan negatif. Bentuk tindak tutur yag dominan digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran adalah tindak tutur direktif menyuruh. Selanjutnya, strategi bertutur yang dominan digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran adalah strategi bertutur terus terang tanpa basa-basi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...