JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pengembangan Media Bulletin Board Interaktif Untuk Melatih Keterampilan Berfikir Kesinambungan dan Perubahan Pada Pembelajaran Sejarah

Habib, Mursyid (Unknown)
Ofianto, Ofianto (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2024

Abstract

Pembelajaran sejarah masa kini tidak hanya mengutamakan pemahaman konseptual tetapi juga menekankan pada keterampilan proses yang salah satunya yaitu keterampilan berfikir historis, salah satunya yaitu keterampilan berfikir kesinambungan dan perubahan dalam peristiwa sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui bagaimana cara mengembangkan media bulletin board interaktif yang mampu melatih keteampilan berfikir kesinambungan dan perubahan dalam peristiwa sejarah. 2) Menganalisis kelayakan dan praktikalitas bulletin board interaktif dalam melatih keterampilan berfikir kesinambungan dan perubahan siswa SMAN 1 Padang Panjang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan model ADDIE. Subjek uji coba penelitian ini dilakukan kepada 61 orang siswa kelas X SMAN 1 Padang Panjang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelayakan bulletin board interaktif berdasarkan penilaian dari ahli materi dan ahli media menyatakan bulletin board interaktif sangat layak digunakan dengan nilai rata-rata sebesar 3,31 dan 3,30. Berdasarkan hasil uji praktikalitas oleh guru dan siswa menunjukkan bulletin board interaktif ini sudah sangat praktis dengan nilai rata-rata uji praktikalitas oleh guru dan siswa sebesar 3,87 dan 3,60.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...