JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pengaruh Media Edpuzzle terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas V SDN 1 Pabedilankaler

Aprilianti, Lesi (Unknown)
Rochmah, Eliya (Unknown)
Putra, Nugraha Permana (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2024

Abstract

Edpuzzle merupakan media pembelajaran berbasis video yang dapat digunakan semua guru untuk memuat pembelajaran semenarik mungkin. Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengethui hasil belajar siswa sebelum menggunakan media edpuzzle. 2) untuk mengetahui hasil belajar sesudah menggunakan media edpuzzle. 3) untuk mengetahui pengaruh media edpuzzle terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas V SDN 1 Pabedilankaler. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis pre-eksperimental dengan metode penelitiannya adalah one group pretest-posttest dengan teknik pengumpulan data obervasi dan tes (pretest-posttest). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dilanjut dengan uji N-gain dan uji hipotesis menggunakan uji paired sample t test untuk menganalisis adanya pengaruh dari media edpuzzle terhadap hasil belajar siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa 1) hasil belajar siswa sebelum menggunakan media edpuzzle dengan pretest diperoleh nilai rata-rata sebesar 45,33. 2) hasil belajar siswa sesudah menggunakan edpuzle diperoleh adalah nilai rata-rata sebesar 80,67. Hal ini menunjukan bahwa adanya perbedaan nilai rata-rata pretest dan posttest siswa kelas V SDN 1 Pabedilankaler setelah menggunakan media edpuzzle. 3) Berdasarkan uji paired sampel t test menghasilkan nilai sig sebesar 0.000 < 0.05. Kesimpulannya media edpuzzle berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas V SDN 1 Pabedilankaler.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...