JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Gambaran Nomophobia Siswa SMA

Nur Laila Putri As’ari (Universitas Negeri Padang)
Rezki Hariko (Universitas Negeri Padang)
Nurfarhanah Nurfarhanah (Universitas Negeri Padang)
Gusni Dian Suri (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2024

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah mengubah dunia secara signifikan yang memberikan dampak positif dan negatif terhadap siswa. Salah satu dampak negatif adalah ketergantungan terhadap smartphone yang membuat pengguna merasa cemas ketika jauh dari smartphone yang dimiliki. Kondisi ini merupakan jenis fobia modern yang dikenal dengan istilah nomophobia. Hasil-hasil penelitian terdahulu menunjukan bahwa nomophobia cenderung dialami oleh siswa. Penelitian saat ini bertujuan untuk me­ndeskripsikan gambaran nomophobia siswa SMAN 3 Bukittinggi. Penelitian me­nggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Responden penelitian adalah siswa SMAN 3 Bukittinggi tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 363 siswa yang dipilih dengan teknik proportional random sampling. Data penelitian dikumpulkan menggunakan Skala Nomophobia Siswa yang disusun berpedoman pada model skala Likert. Data diolah menggunakan analisis deskriptif dengan bantuan program Microsoft Excel. Hasil penelitian menemukan bahwa secara umum siswa di SMAN 3 Bukittinggi mengalami nomophobia pada kategori sedang (x=61,29; o =16,1). Artinya, siswa SMAN 3 Bukittinggi mengalami nomophobia meskipun tidak dalam intensitas tinggi. Pembahasan fokus pada aspek-aspek nomophobia dan implikasi terhadap layanan Bimbingan dan Konseling.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...