JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Management of Song Training for Early Childhood Education (PAUD)Teacher Pedagogic Competency Improvement in Bandung

Yudianti, Maria Susana (Unknown)
Hanafiah, Hanafiah (Unknown)
Sauri, Supyan (Unknown)
Fatkhullah, Faiz Karim (Unknown)
Solin, Sahala Martua (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2024

Abstract

Kompetensi guru PAUD terdiri dari kompetensi pedagogik, sosial, personal, dan profesional. Perlu diperhatikan keterampilan dan kebutuhan model; Perspektif pelaksanaan dan pengelolaan pelatihan sebagaimana yang dipersyaratkan. Proses yang diusulkan oleh pelatihan tematik melibatkan perencanaan, pengorganisasian, dan evaluasi dalam rangka memenuhi tuntutan peningkatan profesionalisme guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara yang paling efektif untuk menghubungkan manajemen pelatihan lagu dengan keterampilan pedagogik guru PAUD berdasarkan teori Gorge R. Terry. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, menggabungkan teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dan studi dokumentasi langsung di dua sekolah PAUD. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan, peserta didik PAUD, dan masyarakat. Temuan penelitian bersifat negatif yaitu perencanaan pembelajaran anak usia dini yang dilakukan oleh guru PAUD di dua lokasi tersebut belum sesuai dengan prinsip-prinsip penilaian dalam Pendidikan Anak Usia Dini; penerapan prinsip-prinsip manajemen pendidikan dan pelatihan yang terstandardisasi belum optimal, terbukti menurut kompetensi pedagogik guru dalam melakukan penilaian pembelajaran; Hasil penelitian yang diperoleh positif yaitu perencanaan melibatkan peneliti dari Lembaga Pendidikan dan Sosial (LPS) seluruh guru PAUD melalui konsep dasar pelatihan sesuai visi misi, analisis lingkungan, strategi, kurikulum, dan tujuan; Penyelenggaraan manajemen pelatihan lagu oleh sistem administrasi PAUD, kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan, peserta didik dan masyarakat; Pelaksanaan Pelatihan Lagu melalui pengarahan, pemberian motivasi, pengajaran, pendampingan dan koordinasi kegiatan yang dilaksanakan sesuai perencanaan kegiatan; dan, Evaluasi dan supervisi melalui monitoring.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...