JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Studi Komparasi Perkuliahan Daring dengan Luring pada Mahasiswa Departemen Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang

Esco Alfian Barwan (Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Padang)
Delima Yanti Sari (Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Padang)
Purwantono Purwantono (Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Padang)
Junil Adri (Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan perkuliahan daring dan luring di Departemen Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Penelitian ini menerapkan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yang terdiri dari tahapan-tahapan yang lebih kecil yaitu tahapan pendahuluan, pengumpulan data, pengolahan data, serta analisis data dan pembahasan, dan kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester Genap Januari-Juni 2024 di Departemen Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang dengan subjek penelitian yaitu Mahasiswa Teknik Mesin Angkatan 2020. Teknik analisis data data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menghitung frekuensi dari masing-masing alternatif jawaban yang diberikan oleh responden. Berdasarkan hasil analisis mahasiswa berpendapat bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode luring lebih baik dari pada pembelajaran daring, hal ini dilihat dari beberapa indicator penilaian diantaranya Capian Pembelajaran Mata Kuliah, Atraktif dalam Pemelajaran, Hasil Studi, Minat Motivasi dan Sarana Sumber Daya. Dimana nilai rata rata TCR pada pembelajaran Luring sebesar 80,8% dan nilai rata rata TCR pada Pembelajaran Daring sebesar 74,5%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...