JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Analisa Metode STIFIn dalam Pembelajaran Kelas Tahfidz Qur'an

Jul Prima Mutia (Universitas Lancang Kuning)
Marwa Marwa (Universitas Lancang Kuning)
Nurfaisal Nurfaisal (Universitas Lancang Kuning)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2024

Abstract

Proses pembelajaran Tahfidz Qur'an di RTQ Al Yusra Pekanbaru menghadapi tantangan yang kompleks. Setiap siswa memiliki keunikan dalam cara mereka menerima dan mengolah informasi, yang berdampak langsung pada efektivitas hafalan Al-Qur'an. Guru-guru sering kali menemui kesulitan dalam menemukan metode pengajaran yang mampu mengakomodasi berbagai tipe kepribadian dan gaya belajar siswa.Penelitian kualitatif ini ditujukan untuk menggali informasi yaitu Implementasi STIFIn bagi Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Kelas Tahfidz Qur'an di RTQ Al Yusra Pekanbaru. Karena permasalahan yang akan diteliti bersifat kompleks dan dinamis sehingga tuntutan pemahaman yang utuh dan mendalam. Implementasi Metode STIFIn di RTQ Al Yusra Pekanbaru menunjukkan hasil yang positif dalam pembelajaran tahfidz Al-Qur'an. Salah satu tantangan utama adalah resistensi terhadap perubahan dan kurangnya pelatihan yang mampu untuk guru. Banyak guru melaporkan bahwa menggunakan metode STIFIn membuat mereka lebih terarah dalam mengembangkan metode pengajaran yang sesuai dengan kebutuhan individu siswa. Metode ini berhasil memanfaatkan kecerdasan dominan siswa, yang meningkatkan efektivitas pembelajaran dan keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar. Hal ini menunjukkan bahwa dukungan dan pelatihan yang memadai sangat diperlukan untuk memastikan implementasi yang efektif dan berkelanjutan. Dukungan dari manajemen sekolah dan pelatihan yang berkelanjutan sangat penting untuk meningkatkan motivasi dan keterlibatan guru dalam penerapan metode ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...