Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman matematis siswa yang menyebabkan nilai siswa kurang dalam pembelajaran. Rendahnya pemahaman matematis siswa karena peran guru yang kurang dalam memanfaatkan media pembelajaran. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem-based learning berbantuan media e-komik terhadap peningkatkan pemahaman matematis siswa di sekolah dasar dan juga untuk mengetahui perbandingan pemahaman matematis siswa yang mendapat pembelajaran model problem-based learning berbantuan media e-komik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuasi ekperimen desain non-equivalent control-group design, jumlah siswa sebanyak 41 siswa. Instrumen penelitian menggunakan instrument pre-test dan post-test, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan sebesar 39%. Hasil uji N-Gain berada pada kualifikasi stinggi dengan interpretasi efektif, sementara pada kelas kontrol berada pada kualifikasi sedang dengan interpretasi kurang efektif. Hal ini berarti penggunaan model problem-based learning berbantuan media e-komik lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran cooprative learning. Peneliti merekomendasikan untuk penelitian selanjutnya menggunakan e-komik dengan pembelajaran yang lebih rutin.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024