Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan bagaimana pengembangan media pembelajaran games book untuk meningkatkan minat baca di SDN Karawaci 5. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini secara kualitatif dan kuntitatif. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 27 orang. Penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis games book untuk meningkatkan minat baca peserta didik kelas III di SDN Karawaci 5 Kota Tangerang dikatakan baik dan layak untuk digunakan. Dan dari hasil angket minat baca menyatakan bahwa media games book ini juga dapat meningkatkan minat baca peserta didik. Hal tersebut berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas serta hasil angket yang diberikan kepada guru dan peserta didik. Hasil angket yang diberikan kepada guru mendapatkan presentase sebesar 83,5% dengan kriteria “baik/layak”, hasil yang diberikan kepada peserta didik mendapatkan skor 3,60 dan hasil angket minat baca setelah diberikan angket mendapatkan skor rata-rata 92 dengan kategori “Sangat tinggi” hasil Produk games book ini memiliki bagian utama seperti cover, materi pembelajaran, dan berbagai macam permainan yang bervariasi dan menarik.
Copyrights © 2024