JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Ecoprint Terhadap Perkembangan Kreativitas Anak di Taman Kanak-Kanak Hang Tuah Padang

Anggely, Vichy (Unknown)
Saridewi, Saridewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan kreativitas anak yang masih kurang di TK Hang Tuah Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kegiatan membatik dari bahan alam melalui teknik ecoprint terhadap perkembangan kreativitas anak. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak di Taman Kanak-kanak Hang Tuah Padang yang berjumlah 21 anak. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling dengan sampel kelas B1 dan B2 dengan jumlah masing-masing kelas 10 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan uju hipotesis dengan bantuan SPSS dapat diketahui bahwa nilai Sig (2-tailed) adalah sebesar 0.012< 0,05. Maka hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kegiatan membatik dari bahan alam melalui teknik ecoprint berpengaruh dalam meningkatkan perkembangan kreativitas anak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...