JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Analisis Kemampuan Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent Pemecahan Masalah Polya dari Siswa SMA

Silky Achilla (Universitas PGRI Semarang)
Sugiyanti Sugiyanti (Universitas PGRI Semarang)
Komariyatun Komariyatun (SMA Negeri 8 Semarang)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini membahas pentingnya peran matematika dalam kehidupan sehari-hari dan tantangan yang dihadapi siswa dalam mempelajari mata pelajaran ini. Penelitian yang dilakukan berfokus pada kemampuan kognitif siswa dalam memecahkan masalah matematika menggunakan pendekatan kontekstual. Ditemukan bahwa pemecahan masalah matematika memerlukan pemahaman yang mendalam dan keterampilan analitis, yang dipengaruhi oleh gaya kognitif siswa, yaitu Field Dependent (FD) dan Field Independent (FI). Penelitian ini dilakukan di SMAN 8 Semarang dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mengamati kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI pada materi lingkaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya kognitif FI mampu memahami dan menyelesaikan masalah dengan lebih baik dibandingkan siswa FD. Subjek FI menunjukkan kemampuan analisis dan pengecekan ulang yang lebih efektif, sedangkan subjek FD cenderung kesulitan dalam memahami dan menyelesaikan masalah secara mandiri. Studi ini menegaskan pentingnya pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan gaya kognitif siswa untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...