JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran IPA di Kelas V SDN 03 Selakau

Drana, Rozian (Unknown)
Setyowati, Rini (Unknown)
Mariana, Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mendiskripsikan keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPS kelas V SDN 03 Selakau, 2) Untuk mendiskripsikan Apa saja faktor yang mempengaruhi keterampilan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengukuran, dokumentasi, dan komunikasi langsung. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa soal esai, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: pada saat mengukur keterampilan berpikir kritis siswa menggunakan tes soal esai yang berdasarkan lima indikator, indikator pertama memiliki persentase skor total 54%, indikator kedua persentase skor total 21%, indikator ketiga memiliki persentase skor total 25%, indikator keempat memiliki persentase skor total 2%. Indikator kelima memiliki persentase skor total 23%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...