JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pengaruh Pembelajaran Berbasis Digital terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 4 Kota Solok

Yesasri Yesasri (Universitas Mahaputra Muhammad Yamin)
Desi Armi Eka Putri (Universitas Mahaputra Muhammad Yamin)
Ikhwan Ikhwan (Universitas Mahaputra Muhammad Yamin)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa di SMP Negeri 4 Kota Solok, hal ini diduga karena faktor penerapan pembelajaran berbasis digital merupakan unsur yang berpengaruh terhadap pendidikan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis digital terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 4 Kota Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Kota Solok yang terdaftar pada tahun ajaran 2023/2024, yaitu 105 orang. Dengan teknik sampel acak sederhana, sampel berjumlah 83 orang siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: pembelajaran berbasis digital dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh besaran pengaruh pembelajaran berbasis digital terhadap motivasi belajar sebesar 37,2% dan nilai thitung sebesar 6,930 sedangkan ttabel 1,663 maka hipotesis diterima. Berdasarkan kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pembelajaran berbasis digital terhadap motivasi belajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...