JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Analisis Kemampuan Menulis Puisi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN Gandasari 1 Kota Tangerang

Novitasari Novitasari (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Sunardin Sunardin (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Desri Arwen (Universitas Muhammadiyah Tangerang)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini berjudul Analisis Kemampuan Menulis Puisi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN Gandasari 1 Kota Tangerang, penelitian ini bertujuan untuk memaparkan dan mendeskripsikan kemampuan dalam menulis puisi kelas IV SDN Gandasari 1 Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi. Data dianalisis melalui langkah-langkah yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa berdasarkan 27 siswa dari hasil tulisan yang telah dianalisis pada kemampuan menulis puisi siswa pada aspek unsur kesesuaian tema dan isi memperoleh skor 102 termasuk kedalam katagori sangat baik, aspek unsur pengimajinasian memperoleh skor 74 termasuk kedalam katagori baik dan kata pengimajinasian yang digunakan yaitu citraan penglihatan, perasaan, dan pendengaran, pada aspek unsur diksi memperoleh skor 69 termasuk kedalam katagori cukup, pada aspek bahasa figuratif (majas) memperoleh skor 69 termasuk kedalam katagori cukup, pada aspek unsur rima/ritma memperoleh skor 45 termasuk kedalam katagori kurang. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis puisi siswa kelas IV Gandasari 1 Kota Tangerang dalam katagori cukup, yaitu rata-rata 66,5.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...