Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Make a Match dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pertukaran perkalian di kelas III SDN Melayu 6 Banjarmasin. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian sebanyak 15 siswa, terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Make a Match mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan ini terjadi karena model ini menciptakan suasana belajar yang interaktif dan menyenangkan, serta melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Dalam penelitian ini, ditemukan bahwa pembelajaran matematika dengan model Make a Match yang dilakukan melalui dua siklus mampu meningkatkan nilai rata-rata siswa dari sebelumnya berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM), yaitu 60, menjadi lebih tinggi setelah implementasi model tersebut. Penggunaan media dan metode yang tepat terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024