JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Pengaruh Model PBL TaRL Berbantuan Augmented Reality terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik

Ridho, Muhammad Ali (Unknown)
Purwati, Heni (Unknown)
Fridaniati, Kurnia (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh model pembelajaran PBL TaRL berbantuan media Augmented Reality terhadap kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan desain quasy eksperimental dengan menggunakan 2 sampel penelitian. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik penelitian yang dipakai berupa observasi data tes, selanjutnya data akan diolah dengan menggunakan uji normalitas, homogenitas, uji t, uji t 2 sampel dan N-Gain. Hasil dari penelitian ini berupa rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang mengikuti pembelajaran matematika menggunakan model PBL TaRL berbantuan Augmented Reality lebih dari 75, rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik sesudah diterapkan pembelajaran dengan model PBL TaRL berbantuan Augmented Reality lebih baik dibandingkan sebelum diterapkan pembelajaran dengan model PBL TaRL berbantuan Augmented Reality, penigkatan kelas eksperimen sebesar 0,62 termasuk dalam kriteria sedang, dan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan model PBL TaRL berbantuan Augmented Reality lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran langsung.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...