JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Implementasi Pendekatan TaRL Terintegrasi Konsep UbD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP

Sulistiawati, Yuni (Unknown)
Nizaruddin, Nizaruddin (Unknown)
Muhtarom, Muhtarom (Unknown)
Fadella, Eki Firda (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini didasari oleh hasil belajar siswa yang masih berada pada tingkat cukup baik dalam pembelajaran matematika di kelas VIIB SMP Negeri 2 Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan Teaching at The Right Level yang terintegrasi dengan konsep Understanding by Design dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika di SMP Negeri 2 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain siklus dari Kurt Lewin. Subjek penelitian terdiri dari 33 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian, persentase ketuntasan hasil belajar siswa yang awalnya (pra-siklus) berada pada angka 48% meningkat menjadi 70% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 88% setelah pelaksanaan siklus II. Dari hasil ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Teaching at The Right Level yang terintegrasi dengan konsep Understanding by Design dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa di SMP.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...