JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Analisis Faktor Kesulitan Membaca Permulaan Pada Peserta Didik Kelas 1 di SD Negeri Nayu Surakarta

Rizal, Diviky Muhammad (Unknown)
Wicaksono, Anggit Grahito (Unknown)
Irmade, Oka (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor kesulitan membaca permulaan pada peserta didik kelas 1 SD Negeri Nayu Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, wawancara. Selanjutnya teknik analisis data dilakukan dengan cara Pengumpulan data, Reduksi data, Penyajian data, Penarikan kesimpulan. Setelah peneliti melakukan observasi dan wawancara kepada Kepala sekolah, Guru kelas I, Orang tua Siswa kelas I, dan hasil dokumentasi maka diperoleh data tentang Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I SD Negeri Nayu Surakarta. Berdasarkan hasil penelitian terhadap 28 siswa maka diperoleh data 3 siswa menghadapi kesulitan membaca permulaan pada peserta didik kelas 1 SD Negeri Nayu Surakarta. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di SD Negeri Nayu Surakarta dapat disimpulkan bahwa siswa kelas 1 SD Negeri Nayu Surakarta mengalami berbagai kendala dalam membaca, di antaranya siswa belum mengenal huruf-huruf, siswa belum mampu membaca suku kata dan kata, siswa mengalami kesulitan dalam membaca huruf konsonan. Adapun faktor-faktor yang menjadi hambatan bagi siswa dalam mengalami kesulitan membaca permulaan di kelas 1 di SD Negeri Nayu Surakarta yaitu rendahnya ketertarikan terhadap aktivitas membaca, minimnya dukungan dari keluarga dalam proses belajar membaca, pengaruh lingkungan Sekitar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...