JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Prosedur dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Kelas XI SMA Negeri 6 Palembang

Oktaviani, Anis (Unknown)
Agustina, Juaidah (Unknown)
Missriani, Missriani (Unknown)
Apriliani, Yenni (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2024

Abstract

Latar belakang rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah langkah-langkah model PBL (Problem Based Learning) dalam pembelajaran menulis teks prosedur pada siswa kelas XI.7 SMA Negeri 6 Palembang 2) Bagaimanakah peningkatan kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur setelah digunakan model PBL (Problem Based Learning) pada siswa kelas XI.7 SMA Negeri 6 Palembang .Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, teknik dan instrumen pengumpulan datanya meliputi teknik observasi, teknik pembelajaran, dan teknik test. Kesimpulan tersebut didukung oleh beberapa fakta hasil penelitian bahwa model problem based learnig memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang ditandai dengan presentase ketuntasan belajar siswa yang meningkat. Terjadi peningkatan sebesar 25% pada ketuntasan hasil belajar Bahasa Indonesia 70% di siklus I menjadi 95% di siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia dalam menulis teks prosedur.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...