Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak Game Free Fire terhadap minat belajar siswa kelas IV SD Negeri Sukacai 1 Kecamatan Baros Kabupaten Serang. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah 8 orang siswa kelas IV yang sering bermain Game Free Fire, orang tua dari 8 siswa, dan guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa seringnya bermain Game Free Fire mengakibatkan dampak yang negatif kepada siswa. Pada aspek kesehatan, aspek psikologis, dan aspek akademik. Terdapat empat minat belajar siswa yang berdampak akibat Game Free Fire, yaitu: 1) Siswa tidak merasa senang dalam kegiatan belajar di rumah dan kurang fokus dalam belajar di sekolah; 2) Siswa hanya tertarik pada pelajaran yang disukai saja; 3) Siswa tidak terlalu baik dalam aktivitas belajar karena mereka gemar mengobrol dan tidak memerhatikan guru; 4) Lebih banyak siswa yang tidak aktif dan tidak senang terlibat dalam aktivitas belajar.
Copyrights © 2024