JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Teknik Aquaponik: Sebagai Solusi Kreatif Berbudidaya Menggunakan Media Sederhana

Bintal Amin (Universitas Riau)
Rahmat Rinaldy (Universitas Riau)
Neilin Hidayati (Universitas Riau)
Asma Yunita (Universitas Riau)
Cherrie Tay (Universitas Riau)
Wafiq Azizah Harahap (Universitas Riau)
Rayhandi Gilang Prasetya (Universitas Riau)
Juhri Juhri (Universitas Riau)
Selvia Selvia (Universitas Riau)
T. Naswa Natasha (Universitas Riau)
Nurhasanah Lubis (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
17 Sep 2024

Abstract

Kuliah kerja Nyata (KUKERTA) adalah salah satu program pengabdian mahasiswa kepada masyarakat sebagai bentuk pelaksanaan Tri Dharma Universitas Riau. Melalui kegiatan ini telah terjalin interaksi antar mahasiswa KUKERTA UNRI dengan masyarakat setempat sebagai wujud knowledge demokrasi. Kegiatan pengabdian dilakukan dalam bentuk Penyuluhan tentang efektivitas pemanfaatan Teknik Aquaponik dalam berbudidaya ikan dan tumbuhan hidroponik menggunakan media sederhana. Tujuan dari penyuluhan ini yaitu sebagai salah satu solusi mengatasi keterbatasan lahan dan menciptakan sistem produksi pangan yang berkelanjutan. Penyuluhan ini dihadiri oleh masyarakat setempat dan disambut antusias, karena masih banyak diantara mereka yang belum mengetahui teknik Aquaponik ini terutama tentang kadar air dan jenis ikan yang bisa digunakan. Selain itu, dengan adanya penyuluhan ini masyarakat mendapatkan edukasi baru seperti cara pembuatan media budidaya, perawatannya hingga alat dan bahan yang dibutuhkan. Penyuluhan yang mengangkat tema budidaya menggunakan Teknik Aquaponik ini mendapatkan respon yang positif dari masyarakat dan seluruh pengurus Kepenghuluan Desa Bagan Jawa Pesisir.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...