JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Pemanfaatan Lingkungan Sekolah sebagai Objek Menulis Puisi untuk Menumbuhkan Imajinasi Peserta Didik SMPN 37 Semarang

Absari, Ovy Sendyka (Unknown)
Ngatmini, Ngatmini (Unknown)
Rosanasari, Ratih (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan hasil Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Objek Menulis Puisi untuk Menumbuhkan Imajinasi Peserta Didik SMPN 37 Semarang, menggunakan kualitatif deskriptif dengan data lengkap yang dideskripsikan sesuai keadaan saat dilakukan. Kegiatan penelitian dilakukan secara urut mulai dari pendahuluan yang memuat salam, doa, kehadiran, apersepsi. Kegiatan inti mencakup pendalaman teori dasar, mengamati dan menciptakan puisi. Peserta didik yang berjumlah 31 melakukan praktik membuat puisi yang telah disesuaikan dengan asesmen diagnostik hingga pada proses pembuatan di Canva. Kegiatan terakhir yaitu penutup memuat simpulan, refleksi, tanya jawab, tindak lanjutan, doa penutup, salam. Penerapan strategi pemanfaatan lingkungan sekolah berjalan sesuai dengan rencana dan target nilai yang diharapkan. Hal tersebut dibuktikan dengan perbandingan nilai pretest mencapai angka 80,35 dan posstest mencapai diangka 92,25. Respon dari beberbagai pihak menandakan bahwa strategi ini diakui sebagai strategi yang berpotensi mengubah suasana saat proses pembelajaran menjadi kondusif dan aktif. Selain itu, menambah motivasi belajar peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...