Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi projek profil pelajar Pancasila di sekolah penggerak pada jenjang satuan pendidikan anak usia dini di Kota Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data diperoleh melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dengan melihat bagaimana implementasi projek profil pelajar Pancasila di sekolah penggerak pada jenjang satuan pendidikan anak usia dini di Kota Banda Aceh. Analisis data dilakukan dengan mendeskripsikan hasil yang didapatkan sesuai saat penelitian berlangsung. Hasil dari penelitian ini adalah implementasi projek profil pelajar Pancasila di sekolah penggerak pada jenjang satuan pendidikan anak usia dini di Kota Banda Aceh sudah dilaksanakan. Sekolah mengimplementasikan projek profil pelajar Pancasila, pada semester satu dengan tema “Aku Cinta Indonesia” dengan memilih topik projek yang berbeda-beda. Sedangkan pada semester dua, Sekolah memilih tema dan topik projek yang berbeda-beda. TK Negeri 2 memilih tema “Aku Sayang Bumi” topik “Mengenal Sayuran Hijau”, TK Negeri 6 Banda Aceh memilih tema “Tubuhku Sehat” sub tema “Makanan Sehat” dan topik “Semangka” dan TKIT Insan Madani memilih tema “Bermain dan Bekerja Sama” dengan topik projek “Bermain Bowling”. Pada saat melaksanakan kegiatan hal yang dilakukan terlebih dahulu menentukan tema, penyusunan modul ajar, pengenalan tema dan topik kegiatan terlebih dahulu dengan peserta didik, menentukan dimensi-dimensi profil pelajar Pancasila, adanya tim fasilitator, menentukan waktu kegiatan dan melaksanakan kegiatan bersama dengan peserta didik.
Copyrights © 2024