JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Implementasi Projek Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Penggerak pada Jenjang Satuan Pendidikan Anak Usia Dini di Kota Banda Aceh

Rosmiati, Rosmiati (Unknown)
Mahbengi, Fuza (Unknown)
Rahmi, Rahmi (Unknown)
Yuhasriati, Yuhasriati (Unknown)
Nessa, Rahmatun (Unknown)
Khoiriyah, Khoiriyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi projek profil pelajar Pancasila di sekolah penggerak pada jenjang satuan pendidikan anak usia dini di Kota Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data diperoleh melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dengan melihat bagaimana implementasi projek profil pelajar Pancasila di sekolah penggerak pada jenjang satuan pendidikan anak usia dini di Kota Banda Aceh. Analisis data dilakukan dengan mendeskripsikan hasil yang didapatkan sesuai saat penelitian berlangsung. Hasil dari penelitian ini adalah implementasi projek profil pelajar Pancasila di sekolah penggerak pada jenjang satuan pendidikan anak usia dini di Kota Banda Aceh sudah dilaksanakan. Sekolah mengimplementasikan projek profil pelajar Pancasila, pada semester satu dengan tema “Aku Cinta Indonesia” dengan memilih topik projek yang berbeda-beda. Sedangkan pada semester dua, Sekolah memilih tema dan topik projek yang berbeda-beda. TK Negeri 2 memilih tema “Aku Sayang Bumi” topik “Mengenal Sayuran Hijau”, TK Negeri 6 Banda Aceh memilih tema “Tubuhku Sehat” sub tema “Makanan Sehat” dan topik “Semangka” dan TKIT Insan Madani memilih tema “Bermain dan Bekerja Sama” dengan topik projek “Bermain Bowling”. Pada saat melaksanakan kegiatan hal yang dilakukan terlebih dahulu menentukan tema, penyusunan modul ajar, pengenalan tema dan topik kegiatan terlebih dahulu dengan peserta didik, menentukan dimensi-dimensi profil pelajar Pancasila, adanya tim fasilitator, menentukan waktu kegiatan dan melaksanakan kegiatan bersama dengan peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...