JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Keterampilan Passing Bola Basket pada Siswa Kelas X BD SMK Yayasan Pharmasi Semarang

Mahendra, Firdaus (Unknown)
Kresnapati, Pandu (Unknown)
Suwarso, Suwarso (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Sep 2024

Abstract

Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan teknik analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas X BD SMK Yayasan Pharmasi Semarang yang berjumlah 32 siswa. Data diperoleh melalui tes untuk memperoleh nilai aspek kognitif dan lembar observasi untuk menilai aspek afektif dan keterampilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar: 1)Pada aspek afektif dari kondisi awal 59%, meningkat menjadi 72% pada siklus I, dan meningkat menjadi 90% pada siklus II, 2) Pada aspek kognitif dari kondisi awal 50%, meningkat menjadi 70% pada siklus I, dan meningkat menjadi 80% pada siklus II, 3) Pada aspek keterampilan dari kondisi awal 48%, meningkat menjadi 62% pada siklus I, dan meningkat menjadi 81% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Terjadi peningkatan hasil belajar dalam aspek afektif dari pembelajaran passing bola basket melalui penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) pada siswa kelas X BD SMK Yayasan Pharmasi Semarang, 2) Terjadi peningkatan hasil belajar dalam aspek kognitif dari pembelajaran passing bola basket melalui penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) pada siswa kelas X BD SMK Yayasan Pharmasi Semarang, 3) Terjadi peningkatan hasil belajar dalam aspek keterampilan dari pembelajaran passing bola basket melalui penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) pada siswa kelas X BD SMK Yayasan Pharmasi Semarang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...