JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Pengembangan Modul Hukum Dasar Kimia Berbasis Problem Based Learning Dilengkapi Asesmen Kurikulum Merdeka di Fase E Kelas X SMA/MA

Rayhan, Muhammad (Unknown)
Kurniawati, Desy (Unknown)
Nofrianto, Nofrianto (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat bahan ajar berupa modul berbasis problem based learning dilengkapi asesmen kurikulum merdeka pada materi hukum dasar kimia dan menentukan validitas dan praktikalitas sebagai bahan ajar kimia. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model Plomp. Data yang didapatkan diolah dengan menggunakan formula Aiken’s V. penelitian dilakukan di Departeme Kimia FMIPA UNP dan SMAN 14 Padang. Hasil penelitian menunjukan bahwa validasi bahan ajar yang dikembangkan terverifikasi mempunyai kategori valid dengan rat-rata Aiken’s V sebesar 0,91, dan praktikalitas bahan ajar berdasarkan penggunaan guru dan peserta didik sebesar 94 % dan 88,3 % dengan kategori sangat praktis

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...