J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan)
Vol 5, No 2 (2024): JUNI

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH)

Sri Wahyuni, Yasmin Salwa (Unknown)
Suwirta, Utti (Unknown)
Patonah, Rita (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Baregbeg. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar yaitu dengan pemilihan model pembelajaran yang tepat. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: 1) Hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay pada pengukuran awal dan akhir; 2) Hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal dan akhir; dan 3) Hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay dengan yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir. Metode yang digunakan adalah metode Quasi Experimental Design, berbentuk desain Nonequivalent Control Group Design serta pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Sampling Purposive. Analisis data menggunakan Uji t. Penelitian ini menghasilkan beberapa simpulan: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) pada pengukuran awal dan akhir dikelas eksperimen, 2) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal dan akhir dikelas kontrol, dan 3) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) dengan yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

J-KIP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) merupakan jurnal untuk mempublikasikan hasil penelitian dalam bidang Pendidikan. Terbit secara berkala satu tahun tiga kali yakni pada bulan Februari, Juni dan Oktober. J-KIP dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh dan ...