Rendahnya hasil belajar siswa merupakan permasalahan yang dilatarbelakangi oleh beberapa faktor. Diantaranya adalah penerapan model pembelajaran yang kurang memadai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match pada penilaian akhir (posttest). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Eksperimen dengan Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini menghasilkan beberapa kesimpulan sebagai berikut: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada penilaian awal (pretest) dan penilaian akhir (posttest) pada kelas eksperimen. 2) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match pada penilaian awal (pretest) dan penilaian akhir (posttest) pada kelas kontrol. 3) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match pada penilaian akhir (posttest).
Copyrights © 2024