Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan)
Vol 12, No 1 (2024)

PENGARUH KETERAMPILAN MANAJERIAL DAN GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SD NEGERI SE-KECAMATAN INDERALAYA UTARA SUMATERA SELATAN

Asri, Muhammad (Unknown)
Destiniar, Destiniar (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mendeskripsikan (1) Menganalisis pengaruh keterampilan manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru di SD Negeri Kecamatan Indralaya Utara; (2) Menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja guru di SD Negeri Kecamatan Indralaya Utara; dan (3) Menganalisis pengaruh secara bersama antara keterampilan manajerial dan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SD Negeri Kecamatan Indralaya Utara. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Se-kecamatan Inderalaya Utara dengan responden 107 Guru. Teknik pengumpulan data mengunakan angket dan dokumentasi.Uji validitas menggunakan Validitas Konstruksi dan Analisis Faktor, sedangkan uji reliabilitas menggunakan Cronbachh’s Alpha. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas serta data dianalisis menggunakan teknik regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru sebesar 29,7%. (2) Terdapat pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru sebesar 28,7%. (3) Terdapat Keterampilan Manajerial dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap kinerja Guru sebesar 30,9%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JMP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) (p-ISSN: 2338-5278) adalah Artikel ilmiah hasil penelitian yang diterbitkan secara berkala oleh Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Riau. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) berisi publikasi tentang ...