Pengembangan kemampuan intelektual dan membentukan karakter yang baik saat ini menjadi urgen seiring meningkatnya daya saing SDM dalam tantangan global yang semakin komplek. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pendidikan menengah mengelola pendidikan karakter sesuai dengan tujuan pendidikan Nasional. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif desktiptif. Alat pengumpul data menggunakan metode wawancara, dokumentasi, observasi serta kajian pustaka. Analisis data menggunakan analisis kualitatif deskriptif dengan tahapan-tahapan penelitian yang mengacu pada teori Miles dan Huberman yaitu mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa manajemen pendidikan katakter sekurang-kurangnya mencakup karakter beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, mandiri, bergotong-royong, berkebinekaan global, bernalar kritis dan kreatif. Kendala- internal dan eksternal dalam membangun karakter peserta didik dapat di atasi dengan upaya sekolah untuk meningkatkan kompetensi guru, memperkuat koordinasi, menjalin komunikasi intensif dan terus memberikan arahan kepada siswa agar terus melatih kebiasaan displin dan bertanggungjawab baik itu di sekolah maupun di luar sekolah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024