Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan)
Vol 12, No 1 (2024)

MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMA NEGERI 14 PALEMBANG

Apriani, Yuliana Marlian (Unknown)
Fitria, Happy (Unknown)
Kesumawati, Nila (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2024

Abstract

Pengembangan kemampuan intelektual dan membentukan karakter yang baik saat ini menjadi urgen seiring meningkatnya daya saing SDM dalam tantangan global yang semakin komplek. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pendidikan menengah mengelola pendidikan karakter sesuai dengan tujuan pendidikan Nasional. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif desktiptif. Alat pengumpul data menggunakan metode wawancara, dokumentasi, observasi serta kajian pustaka. Analisis data menggunakan analisis kualitatif deskriptif dengan tahapan-tahapan penelitian yang mengacu pada teori Miles dan Huberman yaitu mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa manajemen pendidikan katakter sekurang-kurangnya mencakup karakter beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, mandiri, bergotong-royong, berkebinekaan global, bernalar kritis dan kreatif. Kendala- internal dan eksternal dalam membangun karakter peserta didik dapat di atasi dengan upaya sekolah untuk meningkatkan kompetensi guru, memperkuat koordinasi, menjalin komunikasi intensif dan terus memberikan arahan kepada siswa agar terus melatih kebiasaan displin dan bertanggungjawab baik itu di sekolah maupun di luar sekolah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JMP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) (p-ISSN: 2338-5278) adalah Artikel ilmiah hasil penelitian yang diterbitkan secara berkala oleh Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Riau. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) berisi publikasi tentang ...