Peningkatan kinerja guru IPA merupakan salah satu upaya yang harus dilakukan oleh sekolah sebagai bentuk respon terhadap perkembangan IPTEK. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah meningkatkan kinerja guru IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualittaif deskriptif. Alat pengumpul data menggunakan dokumentasi, wawancara, observasi dan kajian pustaka. Tehnik analisis data menggunakan tehnik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menyatakan bahwa peran kepala sekolah meningkatkan kinerja guru IPA dengan merancang program, merumuskan program berdasarkan visi misi serta melakukan evaluasi pelaksanaan program agar dapat efektif terhadap upaya peningkatan kinerja guru IPA. Terdapat beberpa hambatan anatara lain efektivitas instrumen yang dipakai sebagai alat evaluasi, kemudian faktor internal guru itu sendiri seperti keterbatasan finansial guru dan sekolah dalam melaksanakan pelatihan yang bersifat kontinu. Solusi yang diambil adalah dengan membangun komunikasi, membangun forum diskusi, mendorong kolaborasi antar guru IPA, menyusun keuangan yang efektif dan melakukan pemantauan dan evaluasi kinerja guru IPA secara berkala.
Copyrights © 2024