Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan)
Vol 12, No 1 (2024)

PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU IPA DI SMP NEGERI 1 TANAH ABANG PALI SUMATERA SELATAN

Imelda, Untari (Unknown)
Arafat, Yasir (Unknown)
Rosani, Meilia (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2024

Abstract

Peningkatan kinerja guru IPA merupakan salah satu upaya yang harus dilakukan oleh sekolah sebagai bentuk respon terhadap perkembangan IPTEK. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah meningkatkan kinerja guru IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualittaif deskriptif. Alat pengumpul data menggunakan dokumentasi, wawancara, observasi dan kajian pustaka. Tehnik analisis data menggunakan tehnik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menyatakan bahwa peran kepala sekolah meningkatkan kinerja guru IPA dengan merancang program, merumuskan program berdasarkan visi misi serta melakukan evaluasi pelaksanaan program agar dapat efektif terhadap upaya peningkatan kinerja guru IPA. Terdapat beberpa hambatan anatara lain efektivitas instrumen yang dipakai sebagai alat evaluasi, kemudian faktor internal guru itu sendiri seperti keterbatasan finansial guru dan sekolah dalam melaksanakan pelatihan yang bersifat kontinu. Solusi yang diambil adalah dengan membangun komunikasi, membangun forum diskusi, mendorong kolaborasi antar guru IPA, menyusun keuangan yang efektif dan melakukan pemantauan dan evaluasi kinerja guru IPA secara berkala.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JMP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) (p-ISSN: 2338-5278) adalah Artikel ilmiah hasil penelitian yang diterbitkan secara berkala oleh Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Riau. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) berisi publikasi tentang ...