Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan)
Vol 12, No 1 (2024)

MANAJEMEN GURU DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN DARING MASA PANDEMI DI MAS AR-HANAFI LUENGSA ACEH TIMUR

Sura, Genta (Unknown)
Syahrizal, Syahrizal (Unknown)
Hasibuan, Zainuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi guru dalam menerapkan pembelajaran secara daring pada masa pandemi covid-19 di MAS Ar-Hanafi Luengsa Kabupaten Aceh Timur. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa perencanaan guru dalam menerapkan pembelajaran secara daring pada masa pandemi covid-19 di MAS Ar-Hanafi Luengsa Kabupaten Aceh Timur adalah dengan mengadakan rapat bersama komite madrasah, orang tua dan dewan guru untuk menyikapi proses pembelajaran pada masa pandemi covid-19 salah satunya yaitu penerapan pembelajaran secara daring (pemanfaatan media teknologi), nomor hp siswa dan orang tua serta membentuk kelompok belajar. Pelaksanaan guru dalam menerapkan pembelajaran secara daring pada masa pandemi covid-19 di MAS Ar-Hanafi Luengsa Kabupaten Aceh Timur adalah dengan menyusun jadwal proses pelaksanaan, proses pembelajaran (roster), memfasilitasi kebutuhan guru berupa media alat pembelajaran seperti pemahaman aplikasi whatsapp, wifi, komputer, infokus dan lain-lain yang dibutuhkan. Evaluasi guru dalam menerapkan pembelajaran secara daring pada masa pandemi covid-19 di MAS Ar-Hanafi Luengsa Kabupaten Aceh Timur diantaranya menyiapkan blangko penilaian, membuat instrumen penilaian, memeriksa seluruh administrasi guru dalam proses pembelajaran daring, memeriksa alat media sebagai alat komunikasi, melihat dan menilai dokumentasi hasil kegiatan pembelajaran secara daring pada masa pandemi covid-19.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JMP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) (p-ISSN: 2338-5278) adalah Artikel ilmiah hasil penelitian yang diterbitkan secara berkala oleh Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Riau. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan) berisi publikasi tentang ...