Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Metode Tutor Sebaya Dalam Pembelajaran Al-qur’an di Taman Pendidikan Al-qur’an Nurul Iman di Desa Piloliyanga Kabupaten Boalemo. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian Deskriptif dengan pendekatan Kualitatif, dan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.Berdasarkan hasil penelitian melalui wawancara, observasi dan dokumentasi tentang Metode Tutor Sebaya Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Dalam Taman Pendidikan Al-Qur’an Nurul Iman Di Desa Piloliyanga bahwa TPQ Nurul Iman melaksanakan metode pembelajaran tutor sebaya. Pemilihan tutor sebaya oleh ustadzah dengan melibatkan santri yang berkompoten atau memiliki pengetahuan lebih dalam penguasaan materi (menguasai tajwid) untuk menjadi tutor bagi santri lainnya dengan memberikan pengetahuan/latihan tentang baca Al-qur’an yang baik dan benar. Hal ini dilakukan agar supaya pembelajaran Al-qur’an dengan menggunakan metode tutor sebaya di Taman Pendidikan Al-qur’an Nurul Iman Desa Piloliyanga Kabupaten Boalemo dapat berjalan secara efektif.
Copyrights © 2024