Penelitian ini mengkaji upaya peningkatan prestasi belajar siswa melalui pendekatan pembentukan karakter berdasarkan prinsip Islam di MI Islamiyah Bunut Seberang. Dengan fokus pada pengintegrasian nilai-nilai Islam ke dalam proses pendidikan, penelitian ini menyelidiki dampak pendekatan ini terhadap prestasi akademik dan pengembangan karakter siswa. Metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dipakai guna menggali pengalaman dan sudut pandang guru dan staf sekolah. Temuan mengungkapkan bahwa integrasi prinsip-prinsip Islam ke dalam kurikulum dan kegiatan sekolah memberikan pengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa, dibuktikan dengan peningkatan prestasi akademik. Lebih jauh lagi, pendekatan ini berkontribusi terhadap pembentukan karakter Islam yang kuat, dengan siswa menunjukkan peningkatan dalam sikap moral, etika, dan tanggung jawab. Implikasi praktis dari penelitian ini menggarisbawahi pentingnya pendekatan pendidikan holistik yang mengintegrasikan aspek akademik dan spiritual dalam membentuk generasi berprestasi yang berkarakter mulia.
Copyrights © 2024