Education Journal: Journal Educational Research and Development
Vol. 8 No. 1 (2024)

Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Profil Pelajar Pancasila melalui Focus Group Discussion (FGD) Pada Kegiatan Kokurikuler

Latifah, Luluk (Unknown)
Pratiwi, Chandra (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2024

Abstract

Kemampuan berpikir kritis membantu individu mengenali informasi yang akurat, mengidentifikasi bias, dan mengambil keputusan berdasarkan bukti yang kuat. Kemampuan ini termasuk ke dalam kemampuan berpikir tingkat tinggi yang dapat memengaruhi kemajuan dalam hidup mereka selaras dengan dimensi profil pelajar pancasila. Dalam upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, metode Focus Group Discussion (FGD) diusulkan sebagai salah satu solusi yang efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa SMK Al Musyawirin memiliki kemampuan berpikir kritis yang tergolong sedang pada kegiatan kokurikuler diskusi mengenai isu-isu sosial, dan ada potensi untuk meningkatkan kemampuan tersebut dalam beberapa komponen berpikir kritis tertentu agar penguasaan kompetensi pada tiap komponen dikuasai secara maksimal

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ej

Publisher

Subject

Education Other

Description

Education Journal: Journal Educational Research and Development is a scientific journal managed by LPPM Universitas PGRI Argopuro Jember intended to disseminate the results of scientific works that have been made by lecturers, teachers, alumni and experts. In addition, the scientific journal is ...