Education Journal: Journal Educational Research and Development
Vol. 8 No. 1 (2024)

Motivasi Belajar Siswa Dan Komunikasi Interpersonal Guru Dan Siswa terhadap Hasil Belajar

Neviyani, Neviyani (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa dan komunikasi interpersonal guru dan siswa terhadap hasil belajar secara parsial dan simultan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, analisis yang digunakan adalah linier regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan dari Uji t, Pada variabel motivasi belajar siswa (x1) thitung(2,215) > ttabel( 1,978) dan nilai Sig< 0,05 (0,029) sehingga Ha1 diterima, yang berbunyi “ motivasi belajar siswa berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar, dan Pada variabel komunikasi interpersonal guru dan siswa (x2) thitung (2,156) > ttabel (1,978) dan Sig < 0,05 ( 0,033 ). Sehingga Ha2 di terima yang berbunyi “ komunikasi interpersonal guru dan siswa berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar”. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan dari Uji F menunjukkan bahwa Fhitung(4,571) > Ftabel(3,066) dan Sig < 0,05 ( 0.012 ), maka Ha3 di terima yang berbunyi “motivasi belajar siswa dan komunikasi interpersonal guru dan siswa berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar”.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ej

Publisher

Subject

Education Other

Description

Education Journal: Journal Educational Research and Development is a scientific journal managed by LPPM Universitas PGRI Argopuro Jember intended to disseminate the results of scientific works that have been made by lecturers, teachers, alumni and experts. In addition, the scientific journal is ...