Pengenalan nilai keagamaan dan akhlak pada anak belum berkembang dengan baik. Sehingga sangat penting dan urgen untuk diberikan pembelajaran secara terus menerus melalui pengenalan dan pembiasaan sehingga anak tersebut dapat membiasakan diri melaksanakan ibadah mahdah dan ibadah ghairu mahdah.   Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriftif yakni melukiskan atau menggambarkan   secara nyata  dan rinci  tentang keadaan  atau suatu kasus terhadap  penanaman nilai keagamaan dan akhlak melalui kegiatan bernyanyi religi serta memperoleh data yang rill yang menjadi pokok dalam penelitian. Dalam pengumpulan data menggunakan tehnik pengamatan, tanya jawab, penyimpanan data. Dapat menunjukkan hasil penelitian bahwa guru di TK Cendekia Tadulako dapat mengimplemntasikan penanaman nilai keagamaan dan akhlak melalui kegiatan bernyanyi religi, sebelum pembelajaran berlangsung guru memberikan kegiatan bernyanyi terlebih dahulu dan memberikan kesempatan pada anak untuk bernyanyi tanpa bantuan guru. Selanjutnya kegiatan bernyanyi religi guru mengiplementasikan empat aspek dalam pembelajaran sambil bernyanyi  yakni menyanyikan  dua kalimat syahadat, menyanyikan rukun iman dan rukun islam, menyanyikan nama-nama nabi dan rasul, yang terakhir mencuci tangan. Hasil penelitian melalui pengamatan   minggu pertama sampai minggu keempat, bahwa penanaman nilai keagamaan dan moral terhadap kegiatan bernyanyi religi pada anak usia dini bahwa dari 4 aspek yang diamati dua kalimat syahadat, rukun iman dan rukun islam, nama-nama nabi dan rasul, mencuci tangan anak. Menunjukkan peningkatan yang sangat bagus dengan tingkat perkembangan usia anak melalui  indikator dan evaluasi pendidik
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024