Ruang Pengabdian : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 4, No 1 (2024): RUANG PENGABDIAN

OPTIMALISASI PENGGUNAAN TIK TOK SEBAGAI DIGITAL MARKETING UMKM

Rahmawati, Dwi (Unknown)
Anwar, Rahmad Bustanul (Unknown)
Farida, Nurul (Unknown)
Rahmawati, Yeni (Unknown)
Rizki, Swaditya (Unknown)
Wulandari, Rr.Revani Putri Ayu (Unknown)
Nursela, Nisa (Unknown)
Jannah, Laila Miftahul (Unknown)
Utari, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

UMKM adalah usaha produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha yang telah memenuhi kriteria sebagai usaha mikro. Pada era sekarang digital marketing merupakan strategi pemasaran yang menarik konsumen dengan cepat dengan jangkuan yang luas. Namun kenyataannya saat ini masih banyak UMKM yang masih memasarkan produknya belum menggunakan Digital Marketing. Hal tersebut terjadi di RW 01 Kelurahan Banjarsari Metro Utara. Dari hasil prasurvey yang dilakukan pemasaran para pelaku UMKM masih dengan cara menitip ke warung-warung dan konsumen hanya sebatas antar tetangga dan orang-orang daerah tersebut saja sehingga jangkauan pasar UMKM masih sangat kecil. Solusi yang ditawarkan bagi UMKM adalah pemberian workshop penggunaan Tiktok Sebagai Digital Marketing UMKM. Tujuan kegiatan untuk melatih UMKM dalam pembuatan dan penggunaan tiktok sebagai digital marketing. Mitra kegiatan adalah UMKM di RW 01 Kelurahan Banjarsari Metro Utara. Metode yang dilakukan adalah workshop pemberian materi Digital Marketing, pelatihan cara membuat dan mengguakan akun Digital Marketing Tik Tok, dan pendampingan menggunakan akun Digital Marketing Tik Tok. Hasil yang diperoleh adalah UMKM memiliki akun Tik Tok yang digunakan untuk melakukan pemasaran produknya.  Melalui Tik Tok Shop, UMKM dapat memperkenalkan produknya dalam jangkauan luas tidak hanya sebatas daerah tempat tinggalnya namun bisa skala nasional bahkan internasional Kata Kunci: digital; marketing; tiktok; UMKM AbstractUMKM are productive businesses owned by individuals or business entities that meet the criteria as micro-enterprises. In the current era, digital marketing is a marketing strategy that attracts consumers quickly with a wide reach. However, the reality is that currently there are still many UMKM that still market their products without using Digital Marketing. This happened in RW 01 Banjarsari Metro Utara Subdistrict. From the results of the pre-survey carried out, marketing by MSME players is still done by entrusting them to stalls and consumers are limited to neighbors and people in the area, so the market reach of UMKM is still very small. The solution offered for UMKM is to present a workshop on using Tiktok as Digital Marketing for UMKM. The aim of the activity is to train UMKM in creating and using Tiktok as Digital Marketing. The activity partners are UMKM in RW 01 Banjarsari Metro Utara Subdistrict. The method used is a workshop on delivering Digital Marketing material, training on how to create and use a Tik Tok Digital Marketing account, and assistance in using a Tik Tok Digital Marketing account. The results obtained are that UMKM have a Tik Tok account which is used to market their products. Keywords: digital; marketing; tiktok; UMKM  DOI: https://doi.org/10.23960/rp/v4i1.hal.9-15

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPKM

Publisher

Subject

Education Other

Description

Ruang Pengabdian : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (RP) diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matemarika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung adalah peer-reviewed journal yang memuat artikel-artikel ilmiah dari berbagai disiplin ilmu yang diadopsi ...