INFOTIKA: Jurnal Pendidikan Informatika
Vol 2, No 2 (2023): Oktober 2023

Kontribusi Pembelajaran berbasis Virtual Reality (VR) dalam upaya Peningkatan Pembelajaran Berkelanjutan

Cuhanazriansyah, Muhammad Rinov (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Mar 2024

Abstract

Virtual Reality adalah teknologi yang menjembatani antar dua dunia yakni dunia nyata dan dunia maya  yang sedang berkembang pada zaman sekarang. Tulisan ini didasarkan pada tinjauan literatur dari sejumlah jurnal dan artikel ilmiah tentang penggunaan VR dalam proses pembelajaran. Selanjutnya, hasil penelitian dievaluasi untuk menentukan manfaat dan kekurangan Virtual Reality sebagai media pembelajaran. Selain itu, untuk mengetahui bagaimana Generasi Z akan menggunakan VR untuk pembelajaran berkelanjutan di masyarakat 5.0 dalam waktu dekat, hasil tersebut juga diperiksa. Ditunjukkan bahwa siswa menunjukkan minat yang lebih besar dan merespons positif terhadap teknik Virtual Reality ini. Karena dapat melampaui batas waktu dan ruang, Virtual Reality (VR) dianggap dapat menjadi pendekatan pembelajaran masa depan. Ini juga dianggap dapat digunakan oleh semua siswa, termasuk anak-anak dan siswa berkebutuhan khusus. Masalah kesehatan, biaya peralatan, dan infrastruktur internet yang terbatas di Indonesia adalah masalah utama VR.Generasi Z, yang terkenal dengan keakrabannya dengan teknologi digital, diharapkan dapat memainkan peran penting dalam keberhasilan penerapan VR sebagai alat pendidikan di masa depan masyarakat 5.0. Hal ini akan berkontribusi terhadap pencapaian tujuan pendidikan nasional dan SDG keempat demi kemajuan Indonesia

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Info

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Social Sciences Other

Description

INFONTIKA: Jurnal Pendidikan Informatika yang diterbitkan oleh STKIP Harapan Bima dengan periode terbit setiap bulan April dan Oktober (dua kali setahun). Jurnal ini menerbitkan artikel studi konseptual dan menganalisis hasil penelitian ...