This study aims to assess the effectiveness of teaching materials of Indonesian Design Learning for children with special needs, assisted by the Book Creator application. The method used in this research is Research and Development (R&D). The procedure of this study consists of observation, questionnaire distribution, and giving specialized test. Compared to conventional teaching material development methods, the R&D method will obtain more valid and reliable results. The findings reveal that the developed materials are a valuable alternative for instructional purposes. The materials not only meet the validity criteria from experts but also significantly enhance students' understanding of designing learning for children with special needs. Based on validity test, expert validation results show a score of 85.5% for content and 86% for design, confirming the materials' suitability for use. Furthermore, an effectiveness test score of 86% demonstrates a substantial contribution to the learning process, supporting the recommendation for broader implementation. Penelitian ini bertujuan untuk melihat keefektifan bahan ajar pada mata kuliah Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia Anak Berkebutuhan Khusus berbantuan aplikasi Book Creator yang telah dikembangkan ketika digunakan di Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS Unimed. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Metode R&D digunakan dengan melibatkan tahap observasi, penyebaran angket, dan tes khusus. Dibandingkan dengan metode pengembangan bahan ajar konvensional, metode R&D memungkinkan diperolehnya hasil yang lebih valid dan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar ini dapat menjadi alternatif yang baik dalam pembelajaran. Bahan ajar ini tidak hanya memenuhi kriteria validitas dari ahli, tetapi juga efektif meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang desain pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus. Hasil validasi ahli materi sebesar 85,5% dan ahli desain sebesar 86% menunjukkan bahwa bahan ajar tersebut layak digunakan. Selain itu, uji efektivitas sebesar 86% menunjukkan bahwa bahan ajar ini memberikan kontribusi yang signifikan terhadap proses pembelajaran sehingga dapat direkomendasikan untuk digunakan secara lebih luas.
Copyrights © 2024